NEWSLETTERCONTACT

Mau Jualan Anda Laris di Internet ? Gunakan Formula Copywriting 1-2-3-4

 

Cara Menulis Cop;ywriting produkHari ini Anda akan tahu cara menulis iklan yang memicu konsumen membeli… menggunakan salah satu formula copywriting termudah didunia.

Dan sebelum Anda bertanya “ Apakah ini cocok untuk semua jenis produk & jasa ? Produk fisik & digital ? Apakah bekerja untuk yang minim bakat menulis ? Bagaimana jika saya belum pernah menulis iklan sebelumnya ? ”

Jawabannya IYA.

Saya jamin Anda mampu menulis iklan produk Anda sendiri setelah membaca posting ini.

Anda bisa menggunakannya untuk menulis promosi pendek (status Facebook atau sebagai caption gambar di Instagram).

Atau… menulis sales page panjang di website Anda.

Dan seperti posting-posting sebelumnya, saya pun menyertakan contoh – Anda tahu, saya tidak seperti copywriter abal-abal diluar sana. Di Writepreneurs saya mengajar apa yang saya praktekkan.

Mengenai contoh, saya sengaja memilih produk obat herbal … Karena saya tahu banyak pembaca Writepreneurs  menjual herbal. Tapi jangan biarkan contoh menyulitkan Anda. Setelah melihat contoh, Anda otomatis tahu bagaimana menerapkan formula ini pada produk Anda sendiri.

(Disclaimer : Saya tidak punya hubungan dengan merek yang menjadi contoh. Dan mereka juga tidak membayar saya menulis posting ini – Pada posting-posting mendatang, Anda akan sering melihat produk populer lainnya sebagai contoh kasus).

Teruskan membaca…

Langkah demi langkah menulis iklan menggunakan formula copywriting 1-2-3-4

Sesuai namanya, formula ini menggunakan 4 langkah penulisan (sekaligus membagi isinya menjadi 4 bagian).

Bagian 1 menjadi pembuka iklan…

Bagian 2 & 3 mengisi pertengahan iklan

Dan bagian ke-4 menutup iklan.

Baik, mari kita mulai dari yang pertama…

Langkah #1. Apa yang Anda tawarkan ?

Anda membuka iklan dengan memperkenalkan produk.

Sederhananya, Anda mengatakan kepada pembaca “ Saya punya X. .. dan berikut alasan mengapa X cocok untuk Anda.”

Tapi sebelum Anda membuat konsumen kewalahan… hingga mereka berhenti membaca, batasi pesan Anda pada 3 hal :

Pertama, sebutkan nama atau kategori produk.

Kedua, beritahu fungsi & kegunaan produk.

Dan ketiga, katakan untuk siapa produk tersebut ?

Sekarang mari berandai-andai Anda menjual herbal anti diabetes merek JAMSI.

Jika pembuka iklan Anda hanya boleh mengandung 3 informasi diatas, maka kalimatnya mungkin akan terlihat seperti ini :

Saya ingin memberitahu Anda tentang JAMSI, jamu diabetesi yang terbukti dapat menurunkan gula darah hingga 100 poin…menghilangkan rasa sakit ditengkuk.. dan membuat tubuh Anda terasa lebih ringan dan bugar. Semua dalam waktu 60 menit.

Lihat, saya menyebutkan nama produk yaitu JAMSI, jamu yang berfungsi menurunkan gula darah… yang menargetkan Diabetasi (sebutan bagi penderita diabetes mellitus).

Sebelum tergoda menambahkan segudang informasi, segera pindah kebagian berikutnya…

Langkah #2. Apa yang bisa dilakukan oleh produk Anda ?

Selamat. Pembukaan Anda berhasil menarik minat pengidap diabetes.

Tapi minat baru fase pertama menuju transaksi.

Kecuali Anda berhasil mengubah minat menjadi ‘keinginan memiliki produk’, jangan berharap konsumen bersedia mengeluarkan dompet.

Untungnya banyak riset psikologi yang mengungkap cara menumbuhkan keinginan (desire) pada otak manusia. Salah satu cara terpopuler… yaitu membantu konsumen memvisualisasikan hasil akhir penggunaan produk Anda.

Dengan kata lain “ Apa yang terjadi setelah konsumen menggunakan produk Anda ? ”

Nah, bagian ini membawa konsumen membayangkan kehidupan mereka dimasa depan… Apakah bertambah baik… atau masalah hilang dari hidup mereka setelah menggunakan produk Anda – Misalnya memiliki badan sehat, sembuh dari sakit, bertambah kaya, menghemat waktu, terlihat lebih cantik, lebih lansing, tahan lama diranjang, dsb).

Berikut contoh kalimatnya :

Hidup Anda akan berubah drastis setelah meminum JAMSI. Anda akan menikmati kembali hari-hari bahagia, bebas dari bayang-bayang kematian dini, vonis potong kaki, kebutaan, serangan jantung, stroke, impotensi & semua komplikasi penyakit akibat kencing manis…

Tentu saja, kalimat diatas terkesan klaim sepihak.

Agar konsumen percaya,  Anda perlu menjelaskan fitur-fitur produk yang membantu konsumen mencapai tujuan. 

Biar lebih mudah, gunakan daftar poin (bulleted or numbering)… dimana setiap poin menyebutkan satu fitur – manfaat produk.

Berapa banyak ?

Tergantung media publikasi… dan kategori produk Anda.

Jika Anda promo di Facebook (dimana rentang perhatian terbatas), cukup 3 poin saja. Jika Anda menerbitkan di website sendiri, tidak perlu membatasi informasi selama Anda berpikir itu penting diketahui konsumen..

Demikian pula….Jika Anda menjual produk sederhana, konsumen biasanya tidak butuh banyak informasi.  Tapi Anda perlu menjelaskan semua fitur ketika menjual produk yang lebih kompleks (misalnya gadget atau mesin).

Sampai disini, Anda mungkin bertanya mengapa tidak menyebutkan fitur saja ? Mengapa harus menjelaskan manfaat juga ?

Perhatikan ini…

Contoh yang menyebutkan fitur saja :

  • JAMSI mengandung ekstrak buah Mengkudu (Morindae Citrifoliae)

Bandingkan contoh berikut yang menyertakan manfaat :

  • JAMSI terbuat dari ekstrak tumbuhan Morindae citrifoliae yang mengandung senyawa Terpenoid. Senyawa ini berfungsi merevitalisasi sel beta pengkreas agar kembali memproduksi insulin… sehingga tubuh Anda tidak perlu mengimpor insulin dari luar.

Mana lebih menarik ?

Ok, itu pertanyaan retoris 🙂

Saya tidak akan membahas cara mengurai fitur menjadi manfaat disini – Silahkan baca sendiri pada halaman 19 E-Guide : 3 Langkah Mudah Menulis Iklan Yang Menjual.

Jika Anda menjual JAMSI, daftar fitur – manfaat pada iklan Anda mungkin terlihat seperti contoh dibawah :

  • JAMSI memberi Anda hasil instan… karena ukuran partikel JAMSI sama dengan ukuran sel tubuh manusia, yaitu seper-1.000 mikron…sehingga tubuh Anda kontan menyerap JAMSI secepat spons menyerap air.
  • JAMSI menjaga kadar gula darah Anda tetap normal, karena mengandung mikroorganisme ‘pemakan gula’ Saccharomyces. Ketika gula darah Anda berlebih, Saccharomyces akan melakukan oksidasi untuk mengubah gula menjadi energi.
  • JAMSI terbuat dari ekstrak tumbuhan Morindae citrifoliae yang mengandung senyawa Terpenoid. Senyawa ini berfungsi merevitalisasi sel beta pengkreas Anda agar kembali memproduksi insulin… sehingga tubuh Anda tidak perlu mengimpor insulin dari luar.

Anggaplah Anda sukses menumbuhkan keinginan konsumen dibagian ini. Maka Anda tinggal selangkah lagi menutup transaksi

Satu-satunya penghalang Anda mendapatkan uang konsumen… karena tiba-tiba muncul pertanyaan dibenak mereka :

“ Apakah penjual ini benar-benar bisa dipercaya ? “

Bagian berikut bertugas menghalau keraguan diatas…

Langkah #3. Beritahu siapa Anda ?

Kecuali Anda selebriti…. Sebagian besar (rata-rata 99 %) orang yang membaca iklan Anda, belum mengenal Anda.

Mungkin mereka belum pernah mendengar tentang produk…. atau track record produsen Anda. Dan mereka tidak yakin apakah Anda bisa dipercaya – Atau Anda satu lagi Kanjeng Dimas yang berusaha menipu mereka.

Sering kali, Anda cukup menjelaskan siapa diri Anda dan sejarah singkat toko online Anda (kapan berdiri & beralamat dimana) untuk meraih kepercayaan konsumen.

Namun Anda perlu menambahkan informasi mengenai siapa orang atau institusi dibalik produk…. ketika Anda menjual produk teknologi atau produk yang penggunaannya beresiko seperti obat & makanan. Kredibilitas Anda meningkat 2 X lipat bila Anda juga menyertakan pengalaman & bukti keahlian produsen.

Saya harap contoh berikut memberi Anda banyak inspirasi…

PT Mahkotadewa Indonesia yang memproduksi JAMSI adalah perusahaan farmasi pertama dinegeri ini yang mendapat sertifikasi keamanan pangan internasional HACCP (Hazard analysis and critical control points) pada tahun 2005… Dan satu dari sedikit produsen herbal yang mampu meraih SNI Award 2 tahun berturut-turut yaitu tahun 2009 & 2010…serta penghargaan ‘Bintang Keamanan Pangan’ dari BPOM RI ditahun 2007.

Terakhir…

Langkah #4. Bagaimana cara mendapatkan produk Anda ?

Konsumen sudah tidak sabar ingin memiliki produk Anda

Sekarang mereka menunggu petunjuk terakhir Anda : Bagaimana cara memesan ?

Oh tidak. Jangan menyepelekan bagian ini. Kegagalan menjual banyak terjadi karena konsumen tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai cara order.

Semakin detil Anda menjelaskan, semakin besar peluang Anda menerima order.

Beritahu semua alat komunikasi yang Anda gunakan menerima order. Sebutkan nomor telepon, HP, WA, atau PIN BB untuk menghubungi Anda.

Sebutkan nama orang (Anda atau karyawan Anda) yang menerima pesanan konsumen. “ Rusdianto (staff pemasaran kami) yang bersuara berat namun ramah,  menunggu pesanan Anda diujung telepon.”.

Tampilkan hari dan jam berapa Anda menerima order : “ Kami menerima pesanan dari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00 s/d 17.00 WIB ( Kecuali pukul 12.00 s/d 13.30 WIB karena itu waktunya kami tutup toko untuk istirahat makan siang.

Jelaskan apa yang terjadi setelah mereka order.. :: “ Setelah menerima pembayaran.. kami segera mengemas pesanan Anda dan mengirimnya dihari yang sama (pesanan diatas pukul 16.00 WIB akan dikirim besok). Anda bisa memantau status paket Anda di situs resmi JNE. Cukup gunakan nomor resi yang kami SMS ke nomor Anda sehari setelah pemesanan.”

Dan jangan lupa, gunakan trik Urgensi untuk mencegah konsumen menunda order.

Berikut salah satu variasi kalimat dibagian ini untuk memancing inspirasi Anda :

Saya percaya setelah Anda mengetahui semua fakta diatas, Anda (tanpa tekanan) akan merasa yakin 100 %… dan bersemangat memesan JAMSI sekarang.

Tapi saya harus mengingatkan Anda agar bergegas karena stok terbatas. Segera hubungi saya (Anto) via SMS atau WA dinomor 0811-712-1977… agar saya bisa mengemas pesanan Anda hari ini juga… dan memastikan JAMSI tiba dipintu rumah Anda dalam 4-7 hari kerja via JNE.

Selesai.

Hasil akhir….

Mari kita lihat hasil akhir penggunaan formula copywriting 1-2-3-4 untuk mempromosikan JAMSI :

Saya ingin memberitahu Anda tentang JAMSI, jamu diabetesi yang terbukti dapat menurunkan gula darah hingga 100 poin…menghilangkan rasa sakit ditengkuk.. dan membuat tubuh Anda terasa lebih ringan dan bugar. Semua dalam waktu 60 menit.

Hidup Anda akan berubah drastis setelah meminum JAMSI. Anda akan menikmati kembali hari-hari bahagia tanpa dihantui ancaman kematian dini, vonis potong kaki, kebutaan, serangan jantung, stroke, impotensi & semua komplikasi penyakit lainnya akibat kencing manis…

  • JAMSI memberi Anda hasil instan. Mengapa ? Karena ukuran partikel JAMSI sama dengan ukuran sel tubuh manusia, yaitu seper-1.000 mikron…sehingga tubuh Anda lansung menyerap JAMSI secepat spons menyerap air.
  • JAMSI menjaga kadar gula darah Anda tetap normal, karena mengandung mikroorganisme ‘pemakan gula’ Saccharomyces. Ketika gula darah Anda berlebih, Saccharomyces akan melakukan oksidasi untuk mengubah gula menjadi energi.
  • JAMSI terbuat -salah satunya- dari ekstrak buah Morindae citrifoliae yang mengandung senyawa Terpenoid. Senyawa ini berfungsi merevitalisasi sel beta pengkreas Anda agar kembali memproduksi insulin… sehingga Anda tidak perlu mengimpor insulin dari luar tubuh.

PT Mahkotadewa Indonesia yang memproduksi JAMSI adalah perusahaan farmasi pertama dinegeri ini yang mendapat sertifikasi keamanan pangan internasional HACCP (Hazard analysis and critical control points) pada tahun 2005… Dan satu dari sedikit produsen herbal yang mampu meraih SNI Award 2 tahun berturut-turut yaitu tahun 2009 & 2010…serta penghargaan ‘Bintang Keamanan Pangan’ BPOM RI ditahun 2007.

Nah, saya percaya setelah mengetahui semua fakta diatas, Anda (tanpa tekanan) akan merasa yakin 100 %… dan bersemangat untuk segera mencoba JAMSI.

Tapi saya harus mengingatkan Anda agar bergegas karena stok terbatas. Hubungi saya (Anto) via SMS atau WA dinomor 0811-712-1977 sekarang… agar saya bisa mengemas pesanan Anda hari ini juga… dan memastikan JAMSI tiba didepan pintu rumah Anda dalam 4-7 hari kerja via JNE.

Jangan katakan Anda tidak bisa menulis iklan seperti diatas setelah ini. Satu-satunya alasan Anda gagal menulis iklan yaitu ketika Anda tidak mengerjakannya.

Percaya saya, pekerjaan ini akan membayar Anda kembali dengan laba berlipat ganda.

Saya tahu beberapa orang… yang mengisi rekening bank mereka minimal 6  digit setiap bulan dari menulis kata-kata seperti diatas.

“ Oh, bagaimana mereka melakukannya ? ” Anda bertanya.

Sekarang Anda tertarik 🙂

Sederhana. Mereka menggunakan Google untuk mencari produsen yang menawarkan produk afiliasi, reseller atau dropshipper…

contoh copywriting produkSelanjutnya mereka tinggal menulis iklan produk tersebut (biasanya menghabiskan waktu 30 menit/hari)… yang kemudian diposting di Facebook, Instagram dan platform gratisan lainnya…

Dan sementara mereka mengisi waktu dengan aktifitas layaknya seorang pensiunan ;  Merajut, menonton, jalan-jalan atau sekedar nongkrong minum kopi di kafe…  order terus mengalir masuk ke smartphone mereka.

Terbaik dari semua…mereka bebas menentukan kapan mereka mau bekerja, dan dimana mereka mau melakukannya. Mereka punya Boss paling keren sedunia -yaitu diri mereka sendiri – yang mengijinkan mereka bekerja tanpa alas kaki, mengenakan daster atau bercelana pendek.

contoh tulisan copywriting

Modal mereka praktis cuma menulis. Tepatnya, menulis kata-kata yang memicu orang membeli.

Saya tahu pola ini sebenarnya tidak asing ditelinga Anda. Bahkan mungkin sekarang Anda menjalankan model bisnis yang sama – Pembaca Writepreneurs dominan reseller & dropshipper.

Lalu mengapa nasib Anda begitu berbeda ? Apakah mereka lebih pintar, lebih giat… atau lebih paham teknologi ?

Tidak sama sekali.

Satu-satunya perbedaan… mereka mengetahui Rahasia Menulis Kata-Kata Yang Menjual… sementara Anda belum.

Dan mengetahui rahasia itu adalah apa yang membedakan penjual yang sukses dengan yang hampir sukses.

Bonus : Download contoh iklan versi sales page (PDF)

Jujur saja, Anda tidak menyangka ini 🙂

Tapi itulah saya (Rusdianto). Saya tidak pernah setengah-setengah membantu Anda menguasai copywriting. Keterampilan yang sekali Anda menguasainya, Anda tidak akan pernah lagi khawatir kekurangan uang.

Jadi ini dia…

Contoh copywriting – versi panjang penggunaan formula 1-2-3-4 dalam format file PDF.

Saya bekerja keras merancang contoh ini agar terlihat seperti halaman web asli. Jadi Anda bukan hanya belajar bagaimana menulis copy setelah melihat PDF ini. Anda juga akan tahu bagaimana cara memilih & menempatkan foto, menambahkan testimonial… dan secara umum tahu cara mengatur tata letak sales page di website Anda sendiri.

Dan kabar gembira jika saat ini Anda kebetulan (atau berniat) menjadi distributor produk JAMSI.

Anda mendapat  izin saya (Rusdianto) menyalin seluruh isi PDF & menggunakannya untuk mendongkrak penjualan Anda. GRATIS.

Semua data, fakta, dan gambar didalamnya sudah benar sebagaimana adanya. Praktis Anda tinggal menambahkan nomor HP atau WA sendiri… sebagai cara konsumen memesan dari Anda.

Tapi janji, jangan biarkan bonus ini membuat Anda malas. Teruslah berlatih copywriting.

Nah, tunggu apalagi. Download bonus Anda sekarang DISINI.

DAPATKAN TIPS MENULIS YANG MENARIK MINAT BELI
SEGERA BERLANGGANAN NEWSLETTER COPYWRITING SAYA

Jika Anda terus gagal closing... maka newsletter GRATIS ini akan mengajar Anda :

  • Cara cepat & mudah merangkai kata-kata promosi yang menarik minat beli...
  • Langkah demi langkah menulis iklan dari awal sampai akhir...
  • Trik memilih kata-kata yang memicu orang di Facebook, Instagram, marketplace atau pengunjung situs Anda sendiri... bergegas memesan produk

Daftarkan nama & email Anda sekarang pada form dibawah :

Cek email Anda sekarang