NEWSLETTERCONTACT

Formula Ini Memicu Orang Membayar (US$ 4,4 Milyar) Untuk Produk Yang Belum Ada

 

Ilustrasi deskripsi produk marketplace

Ada 1 situs di internet menjual produk, yang secara harfiah, belum ada. FYI, mereka menawarkan segala hal mulai dari robot modular, pisau tertajam sedunia, hingga handuk yang pandai membersihkan dirinya sendiri.

Anehnya setelah mentransfer uang, pembeli harus menunggu rerata 6 bulan sebelum menerima barang.

Sampai disini Anda mungkin bingung, apakah ada orang gila yang membeli di situs tersebut ?

Biarkan data menjawab :

  • Tertanggal 16 Juli 2019, situs itu telah menerima uang dari orang-orang diseluruh dunia, yaaaah… cuma US$ 4. 415. 923.534 – Anda tidak salah baca. Saya telah mengeceknya 2X.
  • Menjual printer 3D seharga US$ 600 sebanyak US$ 1 juta dalam 7 menit pertama
  • Menjual tripod kamera hingga US$ 9,8 juta dalam 30 hari
  • Menjual lensa kamera drone sebanyak US$ 400 ribu dalam 8 hari
  • Dan masih banyak lagi…

Benar, faktor keunikan & kebaruan produk menjadi salah satu penarik, orang ikhlas menghabiskan uang yang diperolehnya melalui kerja keras. Namun meyakinkan orang membayar produk yang tidak ready-stock (bahkan dalam banyak kasus gagal diproduksi), tentu butuh lebih dari keunikan.

Saya mengunjungi situs tersebut setiap hari selama 2 tahun terakhir. Dan saya melihat, pemicu terkuat kesuksesan mereka, salah satunya kemampuan mengimajinasikan keunggulan produk melalui deskripsi (plus foto & video). Sangat persuasif hingga pengunjung terbeli oleh kekuatan kata-kata, bahwa begitu luar biasanya produk mereka hingga Anda layak menunggu 6 bulan.

Sekarang, apakah Anda menjual barang di Shopee, Tokopedia atau Bukalapak ?

Bayangkan omzet/hari jika Anda yang menjual produk ready-stock, memakai teknik penulisan deskripsi yang sama ?

(Anda tersenyum + mata ijo)

Dan posting ini siap menunjukan caranya. Plus contoh penerapannya.

Teruskan membaca…

Formula deskripsi produk sejuta dollar Kickstarter

Situs itu adalah Kickstarter. Situs crowdfunding yang memungkinkan kreator menjajakan ide produk, yang hanya diproduksi setelah uang terkumpul dari pembeli mencapai jumlah tertentu.

Dan benar, para kreator Kickstarter bebas menulis copy produk. Tapi jika Anda jeli, makin kesini Anda bisa melihat pola penulisan yang mirip satu sama lain – Seperti Anda tahu, jika satu formula terbukti sukses maka yang lain otomatis meniru.

Berikut formulanya :

  1. Mulai dengan 1-2 paragraf USP
  2. Daftar 6-12 fitur-manfaat terpenting
  3. Call to Action

Mari saya jelaskan satu persatu …

Pertama, mulai dengan USP

Kreator di Kickstarter memulai deskripsi dengan 1-2 paragraf berisi 2-4 kalimat yang merangkum semua hal terkait produk. Maka setelah membaca paragraf awal, pengunjung tahu tentang produk & alasan mengapa mereka perlu memiliki satu.

Paragraf awal formula Kickstarter adalah tempat dimana Anda meneriakkan Unique Selling Proposition (USP). Lupakan pengantar bertele-tele. Karena menurut riset, Anda hanya punya 6 detik menarik perhatian pengunjung situs.

Sederhananya, USP Anda berisi jawaban atas 3 pertanyaan berikut : Apa produk Anda & untuk siapa ? Apa yang membedakan dari produk sejenis ? Dan mengapa orang harus membeli, bukan yang lain?

Berikut contohnya…

Keyboard + aplikasi belajar musik LUMI

LUMI adalah keyboard dan aplikasi interaktif yang sepenuhnya menyala. Semuanya terhubung oleh cahaya dan warna. Cukup ikuti warna di aplikasi dan lampu pada keyboard, dan Anda tidak mungkin salah.

Travel Tripod Peak Design :

Jadi mengapa mendesain ulang tripod ? Karena tripod travel tradisional memiliki kelemahan kritis : Banyak ruang terbuang. Travel Tripod Peak Design menghilangkan ruang mati & meminimalkan ukuran pengemasan.

Tapi kami tidak berhenti pada penghematan ruang. Travel Tripod Peak Design juga dapat diurai dan dikemas hampir dua kali lebih cepat dari tripod tradisional. Intuitif dan menyenangkan digunakan. Plus fitur untuk membantu Anda mendapat sudut bidikan – dengan peralatan apa pun, di lingkungan apa pun, dari sudut pandang manapun

Printer 3D Snapmaker 2.0 :

Hari ini, kami senang bisa memperkenalkan Snapmaker 2.0. Printer 3D 3-in-1 modular yang membuka sepenuhnya potensi kreatif Anda mulai dari pencetakan 3D, pengukiran laser, memotong hingga pahatan CNC. Snapmaker 2.0 lebih pintar, lebih cepat, lebih besar, dan lebih kuat dari sebelumnya. Ini adalah generasi terbaru dari printer 3D 3-in-1 yang hadir dengan semua yang Anda butuhkan.

Lihat ?

To the point. Hanya dengan merangkum USP kedalam 1-2 paragraf, Kickstarter mampu memancing liur pengunjung untuk pre-order.

Praktek : Gunakan contoh diatas sebagai template. Cukup ganti dengan nama produk Anda, lalu tambahkan keunggulan atau perbedaan produk Anda yang paling menonjol.

Kedua, daftar 6-12 fitur-manfaat utama

Sekali lagi, tanpa pengantar. Kickstarter lansung mencantumkan daftar poin-poin (bullet) berisi 6 -12 fitur utama dan menjelaskan apa manfaat fitur tersebut.

Berikut contohnya.

Printer 3D Snapmaker 2.0

  • Laser engraving & Cutting : Printer 3D tradisional hanya dapat mencetak 3D. Sedangkan modul & fungsi Snapmaker 2.0 dapat dipertukarkan & diubah dengan cepat, seperti halnya mengganti lensa pada kamera. Jadi Anda leluasa membuat berbagai kreasi artistik menggunakan ukiran dan pemotong laser.
  • High Resolution : Dengan komponen presisi tinggi Snapmaker 2.0 konsisten mencetak, mengukir, memotong, dan memahat objek dalam resolusi tinggi. Pengulangan mesin hingga 0,005 mm, dan pengulangan homing mencapai 0,01 mm.

Keyboard & aplikasi belajar musik LUMI

  • Kunci LUMI tidak hanya terlihat luar biasa, tapi juga ‘terasa’ luar biasa. Kunci memiliki ukuran khusus DS 5.5 yang dioptimalkan untuk tangan rata-rata manusia, ditambah 92% jarak jempol dari kunci grand piano. Artinya tombol LUMI lebih nyaman dimainkan dari keyboard portabel lain.
  • Kompak & ringan : LUMI Keys mudah dibawa ke mana saja dengan berat hanya 600 gr – lebih ringan dari iPad Pro. Juga lebih kecil dari hampir semua laptop, sehingga muat kedalam tas dan ransel.

Travel Tripod Peak Design

  • Travel Tripod berukuran setengah volume travel tripod tradisional. Tanpa tombol-tombol besar dan menonjol, sehingga setiap kantong botol air di ransel Anda sekarang bisa berfungsi sebagai saku tripod.
  • Jangan salah: Travel Tripod kecil, tapi siap menangani pekerjaan besar. Bahan berkinerja tinggi dan suku cadang precision-machined menghasilkan kapasitas bobot, stabilitas, dan peredam getaran yang sebanding tripod lebih besar dan lebih mahal.

Perhatikan. Memilih hanya fitur terpenting kemudian mengurainya dalam format daftar poin, memudahkan calon pembeli memahami produk.

Praktek : Pilih antara 6 – 12 fitur produk Anda yang paling ’menjual’. Tulis nama fitur pertama, lalu ikuti dengan manfaat.

Teruskan membaca…

Ketiga, Call to Action

Terakhir, minta orang bertindak (membeli atau pre-order). Anda boleh memakai kalimat sesederhana “ pesan sekarang’ atau ‘klik tombol beli’. Dan jika ada, tambahkan kata-kata pemicu seperti Dapatkan diskon 50%, Garansi toko 1 tahun atau Free ongkir.

Berikut contoh dari Kickstarter :

Jadilah yang pertama mendukung Snapmaker 2.0. Anda akan menerima paket lengkap Snapmaker A150. Termasuk garansi satu tahun.

Dapatkan Travel Tripod versi aluminium sekarang hanya US$ 60 (harga normal US$ 350). Paket termasuk dudukan smartphone, kunci hex, kait beban & casing penutup,

Dapatkan 5 LUMI Keys Plus dengan harga diskon, sehingga Anda bisa bermain bersama teman saat travelling. Melayani pengiriman : US, Kanada, UE & Inggris

Praktek : Ambil kalimat diatas sebagai template. Kemudian ganti dengan nama produk & bonus yang Anda tawarkan

Mudah, bukan ?

Sekarang giliran Anda.

Tapi sebelum itu….

Ingat, inti dari semua ini adalah TEMPLATE

Kata pepatah, Anda tidak perlu mencipta ulang ‘hal’ yang sudah ditemukan.

Prinsip diatas berlaku disegala bidang. Tanpa kecuali saat menulis deskripsi produk marketplace. Faktanya, semua deskripsi produk yang Anda lihat di Kickstarter kini, sekedar menyalin deskripsi sebelumnya. Dengan alasan yang sama : Telah terbukti!

Berbekal template, Anda usah bersusah payah memikirkan apa yang harus ditulis dan bagaimana cara menuliskannya. Cukup salin, sesuaikan, ulangi.

Omong-omong, apakah Anda menyukai isi posting ini ?

(Anda mengangguk + senyum terima kasih).

Sekedar informasi, isi e-guide terbaru saya : 21 Template + Contoh Deskripsi Produk Marketplace ……. 1.000 X lebih baik.

Ebook Deskripsi Produk Marketplace

Tidak seperti posting ini, e-guide tersebut hampir tidak membiarkan Anda berpikir sedikit pun guna menyesuaikan produk Anda kedalam template.

Istilah kerennya : Done for You.

Setiap template berisi kata, kalimat & paragraf yang telah selesai. Praktis Anda tinggal mengisi ruang kosong (titik-titik) diantara kalimat.

“Semudah itu?” Anda bertanya.

Iya!

Semudah itu.

OLSHOP ANDA MINIM PENGUNJUNG & SEPI ORDER ?
Langganan Newsletter Saya (GRATIS)

Dapatkan trik-trik rahasia & terbukti berhasil mendongkrak penjualan olshop - Dikirim berkala lansung ke inbox Anda. Cukup daftarkan nama & email pada form dibawah :