Jalan Pintas & Ringkas Menulis Deskripsi Produk Marketplace Yang Memicu Add To Cart… Plus 21 Contoh & Template Kalimat Siap Copas

Untuk Pemilik Toko di Shopee, Bukalapak, Lazada & Tokopedia, Yang Ingin Langkah Mudah Menggandakan Order Tanpa Terlibat ‘Perang Harga Termurah’

Eguide Deskripsi Produk Marketplace

 

Netpreneur yang terhormat…..

Apakah Anda senang, jika 87 orang per-100 pengunjung lapak Anda menjadi pembeli ? Karena pada kalimat berikut, saya akan menunjukkan cara melakukannya.

Sederhana. Dengan asumsi Anda menjual produk, memasang foto  & menawarkan harga yang sama, Anda berpeluang melipatgandakan order tanpa perlu banting harga……  hanya dengan merevisi deskripsi produk.

Berikut alasannya :

Kualitas deskripsi produk seluruh pelapak di marketplace adalah kelemahan terbesar mereka.

Fakta menyedihkan, 99,9 % reseller sekedar menyalin ulang deskripsi produk suplier. Sejenis deskripsi yang-penting-ada-deskripsi, sehingga pengunjung yang awalnya tergoda harga murah bertanya-tanya;  Apakah ini 1 lagi pengecut yang mencoba menjual barang jelek & berlindung dibalik disclaimer sepihak No-Complain-No-Return-Karena-Beli-Berarti-Setuju-Dan-Review-Negatif-Akan-Kami-Hapus ?

Sisanya…..  0,1 % mencoba menulis sendiri (entah belajar dari siapa), deskripsi gaya ‘penjual obat’ penuh tanda seru! dan HURUF BESAR! hingga mereka terlihat seperti penipu yang rela menjual ibunya sendiri demi order (walau sebenarnya mereka asli & jujur).

Kabar buruknya, Anda mungkin salah satu diantara mereka (silahkan pilih Anda dikelompok mana).

Bayangkan….jutaan uang yang selama ini harusnya masuk ke rekening Anda, hilang karena pengunjung toko pergi tanpa membeli setelah membaca deskripsi produk Anda yang meragukan.

Masalahnya, Anda tidak sadar.

Sekian lama Anda justru menuduh sepinya order gara-gara toko sebelah main harga, pesaing jago FB Ads, pengikut IG mereka sekian K, suplier ikut jualan, serta faktor lain yang nyaris tidak berkontribusi pada besar-kecilnya order.

Padahal…

 

Hasil Riset Membuktikan… Deskripsi Produk Menjadi Penentu Paling Penting Dalam Menentukan Keputusan Membeli Atau Tidak….

Hasil riset Salsify menemukan : 87 % dari 1.000 responden online shoppers mengatakan informasi terkait produk adalah hal paling penting dalam menentukan keputusan mereka membeli atau tidak- Perilaku ini berlaku disemua kategori mulai dari fashion, elektronik, grocery, dsb.

Dengan kata lain, 87 dari 100 orang pengunjung toko Anda pindah belanja ke toko sebelah, gara-gara burukya informasi produk dalam deskripsi Anda. Dan banting harga, sama sekali tidak menolong Anda. Ingat, gabungan deskripsi produk jelek + harga murah, malah mengaktifkan signal ‘Waspada! Ini penipuan!’ dibenak konsumen.

Tapi ada kabar baik…. Jika deskripsi produk jelek dapat mematikan bisnis Anda, maka sebaliknya deskripsi produk persuasif juga dapat melipatgandakan order Anda. Benar ?

Itu berarti Anda berpeluang mengubah 87 orang per- 100 pengunjung toko menjadi pembeli. Meskipun produk & harga Anda sama (atau lebih mahal), tapi deskripsi produk Anda memberi pengunjung alasan memilih Anda.

Deskripsi produk mampu mengubah kesan Anda sebagai drospshipper-kamar-kost-modal-ponsel, menjadi toko terpercaya.

Susunan kalimat persuasif otomatis menampilkan Anda sebagai ahli yang paham seluk beluk produk. Dan informasi yang Anda sampaikan terlalu lengkap, sehingga calon pembeli terlalu malas mencari info tambahan di toko sebelah (dan membeli disana).

Dan Anda bisa mewujudkannya hari ini juga….

Karena saya telah menyusun e-guide, pertama & satu-satunya di Indonesia yang semi auto-pilot untuk memandu Anda menghasilkan deskripsi produk persuasif…. Dengan metode paling mudah, hingga pelapak yang belum pernah menulis sekalipun pasca SMU, mampu menghasilkan deskripsi PALING BAIK diantara seluruh penjual di marketplace…

 

Memperkenalkan….. 21 Template + Contoh Deskripsi Produk Marketplace Yang Memicu Order & SEO-Friendly

 

Sample page e-guide Deskripsi Produk Marketplace Rusdianto

 

E-guide ini berupa file PDF 83 halaman, Bisa Anda baca via smartphone, tablet atau laptop.

Desain ramah-pemalas (sebab otak Anda benci kerumitan). Dan dibuat untuk penjual terburu-buru, yang tahunya cuma upload puluhan produk per-hari lalu menunggu order masuk.

Plus padat tanpa teori. Hanya tutorial langkah demi langkah, beserta  21 contoh deskripsi & 21 variasi template (susunan kalimat dari awal sampai penutup deskripsi) .

Begitu jernih, hingga Anda cuma perlu baca 5 menit, mengangguk-angguk (ya, lakukan) , lalu copas template. Selesai!

Tentu Anda masih bertugas menginput data produk pada ruang kosong (titik-titik), dan sedikit menyesuaikan kalimat dengan template. Tapi hanya itu.

Berbekal template, Anda usah berpikir apa yang harus ditulis & bagaimana cara menulisnya ? Apakah paragraf sudah terstruktur ? Apakah persuasif, hingga mendorong pengunjung klik tombol ATC ? Apakah SEO Friendly sehingga tampil dalam hasil pencarian teratas marketplace & Google ?

Lakukan saja tugas Anda. Dan biarkan template mengurus sisanya.

 

Terbaik Dari Semua….21 Template Ini Telah Lulus Uji ‘Kelayakan Siap Pakai’ Pada Semua Jenis Kategori Produk

Pada akhir penulisan e-guide…., saya menguji kelayakan template satu per-satu didunia nyata.

Saya memilih 21 kategori produk acak dari 21 penjual nyata di Shopee, Lazada, Bukalapak & Tokopedia – Meliputi fashion, gadget, alat rumah tangga, mainan, makanan, herbal, elektronik, dsb. Kemudian saya menulis ulang 21 deskripsi penjual tersebut menggunakan template.

Hasilnya ? 21 contoh ini saya sertakan dalam e-guide, lengkap dengan link (clickable) menuju toko masing-masing penjual. Jadi Anda bebas membandingkan kualitas deskripsi produk versi beforeafter.

Template & Contoh Deskripsi Produk Marketplace - E-Guide Rusdianto

 

Anda mendapakan 21 Varian Template Yang Menarik Perhatian, Memunculkan Minat, Menciptakan Keinginan & Mendorong Pengunjung Klik Tombol ATC

Berikut contoh kecil dari apa yang akan Anda kuasasi setelah membaca e-guide :

  • Ingin menunjukkan produk Anda sebagai Yang Terbaik tanpa terlihat seperti ‘penjual obat’ ? Gunakan ‘Teknik Jembatan’ template #1   (Hal. 11)
  • Template #2 hanya butuh 3 kata, untuk memposisikan produk Anda sebagai ‘Pilihan Terbaik’ dimata konsumen dalam pandangan pertama (Hal. 14)
  • Jika Anda menjual produk type Solusi-Untuk-Masalah-X, copas template #3 – halaman 17. Struktur 4 langkah-nya akan menutun telunjuk calon pembeli berakhir di tombol ATC
  • Pengunjung meminta 3 jawaban sebelum menekan tombol ATC. Jika Anda tidak (atau salah) menjawab, mereka belanja ke toko sebelah – Template #4 ini memastikan Anda menjawab ketiganya dengan benar (Hal. 20)
  • Calon pembeli menyimpulkan sendiri (tanpa tekanan), betapa jeleknya produk lain. Sehingga, satu-satunya pilihan masuk akal adalah produk Anda – Template #5 memungkinkan ini terjadi (Hal. 23)
  • Amazon menggunakan gaya deskripsi template #6 (Hal. 26), dan menjadikannya marketplace dengan penjualan terbesar di dunia. Sekarang, giliran Anda
  • Anda menjual produk inovatif, tapi konsumen lebih suka membeli produk versi lama ? Pakai template #7 (Hal. 29)
  • Spesifikasi teknis bukan alasan utama orang membeli. Jadi apa ? Tenang, template #8 telah mengurusnya untuk Anda (Hal. 32)
  • Ketika calon pembeli berkata TIDAK, siap-siaplah menerima order. (Template #9 – halaman 35)
  • Mengapa ‘menyanjung’ calon pembeli mendorong mereka menekan tombol ATC. Bahkan ingin belanja lebih dari 1 barang di toko Anda ? Lihat template #10 halaman 38
  • Fakta menyebalkan : Pengunjung marketplace suka pindah-pindah lapak. Template #11 memberi mereka alasan berhenti di lapak Anda – Lalu membeli tanpa harus membandingkan dengan produk di lapak lain (Hal. 41)
  • Template #12 MEMBUKTIKAN produk Anda sebagai solusi terbaik, bahkan sebelum konsumen mencobanya (Hal. 44)
  • Karena Anda menggunakan template #13, calon pembeli (dengan kemauan sendiri) mendadak merasa orang paling bodoh sedunia jika membeli di toko sebelah (Hal. 47)
  • Calon pembeli merasa produk Anda seolah diciptakan khusus buat mereka. Jadi tak ada alasan mencari produk sejenis di lapak sebelah (Template #14 – halaman 50)
  • Cara terbaik menjual produk baru yang belum dikenal orang (dan menyalip produk mapan) adalah memakai template #15 (Hal. 53)
  • Khawatir calon pembeli meragukan kualitas produk Anda karena MURAH ? Template #16 memastikan keraguan mereka hilang setelah membaca paragraf pertama (Hal. 56)
  • Teknik ‘Menuang garam diatas luka’ Template #17, memantapkan hati type pembeli yang suka menunda-nunda untuk bergegas membeli sekarang juga (Hal. 59)
  • Copas template #18 untuk meyakinkan pengunjung membeli produk Anda, meskipun toko sebelah menjual produk sejenis dengan kualitas lebih baik & harga lebih murah (Hal. 62)
  • Template #19 (Hal. 65) mengubah deskripsi yang biasanya terkesan jualan, tampak seperti rekomendasi terpercaya dari seorang teman
  • Cara sangat halus memanfaatkan masalah konsumen, hingga mereka berpikir produk Anda satu-satunya solusi masalah tersebut (Template #20 – halaman 68)
  • Siapapun yang menjual barang murah, bekas atau KW, harus tahu template #21 jika masih ingin bertahan dalam 6 bulan kedepan (Hal.73)

Diluar template, e-guide juga memberi Anda trik ‘orang cerdas’ untuk memperkuat daya persuasi deskripsi Anda :

  • 2 Sumber informasi produk yang tak diketahui pesaing Anda (FYI, mereka sekedar copas deskripsi produk suplier). Menambahkan informasi dari 2 sumber tersebut akan meyakinkan calon pembeli untuk belanja di toko Anda  (Hal. 8)
  • Tambahkan INI kedalam deskripsi Anda (selain fitur produk & spesifikasi teknis), dan calon pembeli akan berseru ‘Ini yang aku cari’ (Hal. 9)
  • Pastikan toko Anda muncul dalam hasil pencarian internal marketplace & Google, ketika calon pembeli mencari produk dengan kata kunci ‘[Nama Produk Anda]’ – Artinya, Anda berpeluang mendapatkan pengunjung lebih banyak dari para pesaing, tanpa menguras waktu & duit untuk beriklan (Hal. 75 – 79)
  • Dan banyak lagi…

Dan sebelum informasi berharga ini sampai ke telinga pesaing Anda, berikut bagian terbaiknya :

Untuk Harga 3 Cangkir Kopi, Semua Ini Bisa Menjadi Milik Anda Sekarang

Ebook Deskripsi Produk Marketplace

ebook copywriting

cuma Rp 197 ribu

Ya, Anda membacanya dengan benar. Cuma Rp 197 ribu untuk 21 template.

“Berarti harga per-1 template cuma 9 ribu rupiah, benar ?” Anda bertanya.

Benar.

Sekarang bayangkan … Anda menggunakan setiap template menulis deskripsi produk, yang katakanlah menghasilkan laba Rp 11.000 per-item. Jadi Anda cukup menjual 1 produk, maka template ini sudah membayar lunas dirinya sendiri. Jangan lupa, Anda akan memakai template yang sama hingga ribuan kali.

“Sementara saya hanya bayar 1 kali ? ” Anda menyimpulkan.

Iya.

Orang boleh menyebut saya bodoh, karena investasi 197 ribu keterlaluan murahnya (dan tidak pantas disebut investasi sama sekali) dibanding ROI + waktu yang Anda hemat.

Dan saya bisa saja menaikkan harga, bukan ? Sebab jujur, harga e-guide ini sedikit menyinggung ego saya, setelah melihat pakar & agensi digital marketing XYZ diluar sana membanderol harga kelas menulis & seminar copywriting Rp 1.000.000-1.500.000 , yang kualitasnya tidak sanggup mendekati bahkan setengah dari isi e-guide ini.

Tapi tidak. Karena sejak awal, saya ingin semua pelapak di Indonesia leluasa memiliki e-guide ini tanpa mengeluh soal harga.

Dan karena Anda telah membaca sejauh ini…. Saya percaya, Anda (tanpa tekanan) yakin e-guide ini 10X lebih bernilai dari harganya. Anda juga yakin 100 % e-guide ini potensial menjadi alat untuk menjual lebih banyak produk, dan mengisi rekening bank Anda lebih banyak uang (karena Anda tidak perlu ikut-ikutan bodoh perang harga).

Tolong jangan buang waktu menimbang-nimbang  apakah membeli sekarang atau 1 jam kemudian.

Pemilik toko sebelah saingan Anda juga sedang membaca ini, dan lansung bertindak. Plus saya tidak menjamin harga 197 ribu ini bertahan sampai besok pagi pukul 07.30 WITA. Segera pesan e-guide Anda sekarang :

Ebook Deskripsi Produk Marketplace

ebook copywriting

cuma Rp 197 ribu  

Setelah menekan tombol diatas, Anda mendarat dihalaman pemesanan. Seluruh prosesnya kurang dari 5 menit. Cukup transfer 197 ribu ke norek yang tertera dihalaman tersebut, dan konfirmasikan via SMS atau WA (nomor telepon saya juga tertera dihalaman tersebut).

Saya akan mengirim password unik ke nomor Anda.

Selanjutnya Anda ketik password, lalu tekan tombol Download Now (juga dihalaman tersebut). Dalam 2 detik file e-guide (ZIP) otomatis terunduh ke laptop/PC, jadi Anda bisa segera mulai menggunakannya.

Hubungi saya jika terkendala selama proses diatas. Saya janji mengatasinya kurang dari 1 menit.

Sampai jumpa di halaman pemesanan,

Copywriter Indonesia

 

 

 

Founder Writepreneurs Media

Jl. Syek Yusuf J9, Makassar| Phone & WhatsApp : 0821-9403-1177