NEWSLETTERCONTACT

3 Cara Mudah Merevisi Deskripsi Produk – Yang Dengan Cepat Melejitkan Penjualan Anda

 

Artikel Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Ahem!

Anda mungkin sudah membaca (atau meihat sendiri)… tentang seseorang yang sampingan jualan di Shopee, Bukalapak atau Tokopedia, dan menuai penghasilan lebih dari gaji pekerjaan utama.

Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa melakukan hal yang sama ? Dan menguntungkan ? Bahkan lebih dari orang tersebut ?

Baik…

Sejak tahun 2009 saya telah menjadi copywriter, ahli konversi, mendesain situs, menulis konten pemasaran (deskripsi produk, sales page, email, dan sejenisnya), dan mendampingi klien memasarkan produk di internet

Tak perlu dijelaskan (Tuhan benci orang sombong), saya tahu & belajar 1-2 hal cara melakukan semua itu. Dan banyak dari pelajaran tersebut yang mungkin mengejutkan Anda.

Maka hari ini saya akan berbagi 5 pelajaran terbesar, cara menulis deskripsi produk untuk pelapak marketplace seperti Anda. Pelajaran yang tidak diketahui oleh pelapak lain. Sehingga saat Anda terapkan, Anda berpotensi menyalip penjualan mereka.

Lebih khusus lagi……

Saya akan menunjukkan pada Anda :

  1. Rahasia besar dibalik trik ‘Mengakui KEKURANGAN Produk’, untuk memicu niat beli – Menjual barang murah atau KW ? Ini untuk Anda.
  2. Mengapa Anda harus mengurangi paragraf.. dan menggunakan yang SATU ini
  3. Teknik ‘Mencuri Dari Lapak Sebelah’ yang 100 % Legal. Anda akan melihat bagaimana pesaing membantu Anda, menulis deskripsi produk terlengkap diseluruh markeplace

Mari kita bedah satu per-satu…

#1 Beritahu kekurangan Produk

“Sudah miskin, sombong pula”

Ungkapan ini tepat mewakili kebanyakan penjual barang murah alias KW.

Saya tahu, mereka berpikir jika kualitas produknya dibawah merek terkenal, mereka perlu berteriak supaya didengar.

Mereka lupa, merek terkenal membangun reputasi pertama-tama karena kualitas produk. Dan itu menancap dibenak konsumen – Seperti Sony yang bahkan tak perlu menulis deskripsi speaker portable SRS, dan orang masih berbondong-bondong membeli. Karena satu alasan : SRS speaker portable terbaik hari ini.

Jika tak berteriak, lalu bagaimana ?

Mari saya jelaskan…

Prinsip utama periklanan mengatakan “ Jangan mengubah keyakinan konsumen”.  Karena otak konsumen secara alami akan melawan. Dan konsumen selalu benar. Ajak mereka berdebat, dan Anda telah gagal sebelum menjual..

Alih-alih, benarkan keyakinan mereka. Akui fakta bahwa harga murah identik dengan kualitas rendah. Setelah menunjukkan Anda sependapat, saat itulah Anda mendapat ijin mereka untuk menjual.

Anda harus melakukannya tepat diawal deskripsi, seperti contoh berikut :

Speaker portable Tiong Kok ini tidak menyediakan Anda fitur Live Sound Mode & Extra Bass seperti ditawarkan Sony SRS. Juga tidak memungkinkan sinkronisasi nirkabel hingga 100 speaker.

Sampai disini, Anda sukses masuk ke otak para audiophile, karena Anda mengakui fakta kehebatan Sony SRS yang mereka yakini.

Sebagai balasannya, Anda mendapat ijin.

Sekarang saatnya menjual. Gunakan kekuatan utama Anda yaitu harga murah. kemudian lanjutkan dengan daftar keunggulan produk. Berikut contohnya :

Tapi sementara harga Sony SRS bisa mencapai Rp 1.800.000, speaker bluetooth Tiong Kok dapat menghemat uang Anda 50 %, Dan Anda masih bisa mendapatkan :

  • Kemampuan streaming nirkabel tanpa distorsi & terintegarsi lansung dengan Spotify, Tidal, Pandora & Soundcloud
  • Driver ganda 48mm
  • Konektifitas bluetooth 4.1 & wi-fi, plus port USB-C
  • Daya tahan baterai hingga 24 jam per 1 X pengisian daya penuh
  • dan seterusnya… (Gunakan Trik #2)

Percaya saya. Ketika Anda menonjolkan kesenjangan harga yang jomplang, TAPI produk Anda masih bisa menyediakan fitur standar yang diperlukan, Anda berpeluang memenangkan persaingan – termasuk melawan merek sekelas Sony.

Sekali lagi, jika harga Anda lebih murah 30% – 50%  dan Anda cuma kalah 1 – 2 fitur, konsumen masih melihatnya sebagai opsi menguntungkan.

FYI, apabila marketplace melarang Anda memakai merek dagang pihak lain, Ganti dengan istilah ’merek terkenal’ atau ‘merek populer itu’.

Bagaimana E-Guide terbaru saya : 21 Template + Contoh Deskripsi Produk Marketplace mempermudah Anda melakukan ini ?

Satu dari 21 template dirancang khusus untuk menjual produk baru, KW atau second. Template tersebut telah berisi susunan kalimat jadi, untuk menerapkan trik ini. Sekali lagi, Anda cukup masukkan data produk ke dalam ruang kosong (titik-titik). Semudah itu.

Contoh & template deskripsi produk Tokopedia

#2 Buat Daftar Poin. Minimal 6 Poin

Pernah berkunjung ke Amazon ? Marketplace terbesar dimuka bumi.

Amazon telah mengatur tampilan default setiap halaman produk penjual, dimana deskripsi produk terdiri dari 2-4 kalimat pendek.. dan selebihnya dalam bentuk daftar poin-poin.

Mengapa ?

Mata manusia lebih mudah memindai (scanning) teks dalam format list, dan karena itu lebih cepat memahami. Poin seperti slice pada pizza.  Membuatnya lebih mudah digigit.

Dan semakin mudah otak manusia memahami, semakin besar dorongan membeli.

Anda cuma punya waktu 3-6 detik menarik perhatian pengguna internet (hasil riset). Jika Anda gagal, amsyong! Daftar point mempermudah Anda menarik mata pengunjung karena secara visual, berbeda. Dan lebih mudah dicerna. Karena, secara harfiah, daftar poin itu To the point.

Apa yang Anda masukkan dalam daftar poin ?

Fitur atau spesifikasi teknis atau keunggulan produk. Diikuti penjelasan mengenai manfaat fitur tersebut. Ringkas tapi mudah dipahami.

Contoh produk Crystal-X

  • Vagina Anda mendadak sensitif & peka pasca pemakaian 5 menit sebelum naik ranjang. Artinya Anda lebih menikmati setiap gesekan penis suami
  • Vagina terasa lembut & ketat, karena lapisan kulit epitel vagina Anda setiap hari mendapat nutrisi ekstrak tumbuhan Eucheuma Spinosum
  • Mengembalikan kelenturan vagina berkat kandungan minyak atsiri Piper Betle Leaf. Dampak ? Suami bakal repot mengimbangi empot ayam Anda

Berapa banyak poin ?

Percobaaan menemukan 6 poin mengkonversi lebih baik. Jangan khawatir menambahkan lebih. Pastikan saja 6 poin pertama berisi keunggulan terbaik  yang membedakan dari produk sejenis.

Bagaimana E-Guide terbaru saya : 21 Template + Contoh Deskripsi Produk Marketplace mempermudah Anda melakukan ini ?

Setiap template telah berisi daftar poin dengan usunan kalimat siap pakai, Jadi praktis Anda tinggal mengisi ruang kosong (titik-titik) dengan fitur/nama/size/merek/dsb dari produk Anda. Semudah itu.

Template & Contoh deskripsi produk Bukalapak

#3 Mencuri dari pesaing

Berhenti memutar otak saat Anda kekurangan bahan menulis.

Mengapa bersusah payah menulis deskripsi produk, ketika pesaing ikhlash mengerjakannya untuk Anda ?

Tapi jika Anda berpikir saya menyuruh ‘Copas’, Anda salah.

Biar saya jelaskan…

Trik ini tidak menjadikan Anda penulis deskripsi terbaik. Tapi TERLENGKAP. Dan hanya itu yang Anda butuhkan untuk menyalip pesaing.

Hasil riset menemukan : 87 % dari 1.000 responden online shoppers mengatakan informasi terkait produk adalah hal paling penting dalam menentukan keputusan mereka membeli atau tidak. Perilaku ini terjadi pada semua kategori ; fashion, elektronik, grocery, dsb.

Perhatikan : Pembeli ingin informasi lengkap. atau pembeli akan mencari ke lapak sebelah – Ibarat burung lepas ditangan. Jadi pastikan pengunjung tetap dilapak Anda, dengan memberikan informasi paling lengkap yang pernah mereka lihat.

Bagaimana Anda tahu informasi Anda yang paling lengkap ?

Gunakan teknik ‘mencuri’.

  • Buka semua lapak di markeplace yang menjual produk serupa. Catat semua informasi, fitur & spesifikasi produk yang mereka sajikan. Dapat 3 item ? pindah ke lapak sebelah. Dapat lagi 7 item ? Pindah ke lapak berikutnya..
  • Lewati item yang berulang yang telah Anda catat sebelumnya.Lakukan sampai terangkum semua informasi produk terlengkap ditangan Anda.
  • Masukkan seluruh item informasi tersebut kedalam deskripsi produk. Susun kembali dalam urutan terpenting hingga kurang penting, memakai kata-kata Anda sendiri.

Sekarang, Anda telah memiliki deskripsi produk terlengkap di Marketplace.

Bagaimana E-Guide terbaru saya : 21 Template + Contoh Deskripsi Produk Marketplace mempermudah Anda melakukan ini ? 

Deskripsi produk terlengkap dengan deskripsi yang memicu order, itu 2 hal yang  berbeda. E-Guide saya membantu Anda menyajikan informasi produk lengkap, sekaligus dalam susunan kalimat yang memicu minat beli. Dan sudah berbentuk template, sehingga kelak susunan kalimat Anda tidak terlihat ‘copas’.

Ebook Deskripsi Produk Marketplace

ebook copywriting

OLSHOP ANDA MINIM PENGUNJUNG & SEPI ORDER ?
Langganan Newsletter Saya (GRATIS)

Dapatkan trik-trik rahasia & terbukti berhasil mendongkrak penjualan olshop - Dikirim berkala lansung ke inbox Anda. Cukup daftarkan nama & email pada form dibawah :