JASA COPYWRITERCONTACT

Penyebab Utama Toko Dropshipping Anda Tidak Laku (SATU Cara Mudah Menghindarinya)

 

Tips bisnis dropdhipAnda harus memastikan supplier menyediakan SATU hal, jika ingin sukses dalam bisnis dropshipping

Tapi tunggu dulu, SATU hal itu bukan potongan harga.

(Online shop yang membeli dari pabrik mendapatkan harga lebih murah)

Juga bukan deskripsi produk

(Selain dicopy-paste ratusan dropshipper lainnya, rata-rata deskripsi produk dari supplier melanggar prinsip-prinsip copywriting. Jauh lebih baik menulis sendiri deskripsi produk Anda untuk membedakannya dari pesaing)

Dan satu hal itu sangat penting….hingga bisnis dropshipping Anda beresiko tutup jika supplier Anda gagal menyediakannya – Bayangkan seluruh biaya, tenaga & waktu Anda yang terkuras percuma.

Jadi sebelum toko dropshipping Anda bangkrut, posting ini akan menunjukkan apa hal penting tersebut… dan mengapa sangat menentukan laris tidaknya toko dropshipping Anda.

Tapi pertama, saya akan memberikan sedikit latar belakang

Pemicu orang membeli di toko online

Modal terpenting dalam bisnis online shop adalah foto produk.

Lebih dari setengah keberhasilan menjual tergantung pada kualitas foto produk Anda.

Tidak percaya ?

Riset MDG Advertising menemukan, 67 % konsumen mengatakan FOTO ‘Sangat Penting’ ketika memilih produk di toko online.  –> Tweet This

Dan selama saya memberikan konsultasi, penyebab online shop klien saya kurang laku selalu berawal dari buruknya foto produk mereka.

Sebelum Anda bertanya-tanya mengapa foto produk sedemikian penting, biar saya jelaskan.

Konsumen adalah mahkluk visual.

Bagian dari otak manusia yang bertugas mengambil keputusan – termasuk keputusan membeli atau tidak – disebut otak tua.

Otak tua ini sama sekali.tidak mengenal kata-kata

Bahasa visual satu-satunya bahasa yang dimengerti otak tua. Karena itu, visualisasi produk satu-satunya cara mempengaruhi bagian otak maha kuasa ini.

Dan itu berarti FOTO berkualitas tinggi.

Dan disinilah masalah 99 % dropshipper

Sebagai dropshipper, Anda tidak kuasa mengontrol kualitas foto produk

Anda tergantung sepenuhnya pada foto yang tersedia di website supplier (Benar, kemudahan bisnis dropshipping sekaligus menjadi kutukannya).

Jika supplier menyediakan foto jelek, maka bisnis dropshipping Anda mungkin tidak sempat merayakan ulang tahun pertamanya.

Hari ini konsumen dengan mudah membandingkan toko online hanya dalam satu klik. Jadi tak ada pilihan tersisa, kecuali mensejajarkan kualitas foro produk Anda dengan seluruh online shop yang ada..

Atau…..

Foto produk di toko online Anda akan terlihat seperti pecundang dihadapan foto berkualitas tinggi yang dimiliki Zalora, Lazada atau pemain besar lainnya.

Dengan kata lain, kemauan supplier menyediakan foto produk berkualitas menentukan Anda bertahan atau tersingkir dari pasar e-commerce.

Inilah yang saya maksud diawal tulisan.

Sukses tidaknya bisnis dropshipping Anda tergantung pada kualitas foto produk yang disediakan supplier –> Tweet This

Baik, sekarang Anda paham.

Pertanyaannya, bagaimana cara menilai kualitas foto produk yang disediakan supplier Anda ?

3 kriteria foto yang memicu orang membeli

Berikut 3 kriteria dasar untuk menilai kualitas foto produk supplier Anda.

Ketiga kriteria ini lebih dari cukup untuk menyaring calon supplier toko drospshipping Anda… serta membuka peluang Anda menjual lebih banyak.

1. Latar belakang satu warna

Sebagain besar orang memilih warna putih..

Warna putih tidak menarik perhatian, bahkan cenderung dipersepsikan sebagai ruang kosong. Mata pengunjung tidak melihat objek selain produk dalam foto berlatar belakang putih (setelah semua, itulah yang Anda inginkan).

Selain putih, warna abu-abu & hitam bisa jadi alternatif, selama Anda konsisten. Artinya sekali Anda memilih satu warna latar belakang, gunakan warna yang sama pada seluruh foto produk Anda.

Jangan biarkan kehadiran satu atau lebih warna atau unsur lain menyita perhatian pengunjung dari produk itu sendiri.

contoh foto produk dropshipping

2. Jelas & besar

Banyak pengunjung melihat foto produk pertama kali pada homepage, atau halaman kategori sebelum lanjut ke halaman produk.

Dengan toto beresolusi tinggi, produk Anda akan terlihat jelas meski dalam ukuran thumbnail (90 x 90px atau 150 x 150px).

Sedangkan di halaman produk, resolusi tinggi mampu menampilkan setiap detil produk Anda – misalnya tekstur permukaan -. Efek ini menambah kesan ‘nyata’ produk Anda dibenak konsumen.

Dan harus besar…

Hindari menggunakan foto thumbnail dari halaman kategori pada halaman produk Anda – Sayang sekali, masih banyak toko online melanggar aturan ini.

Besar ukuran tergantung pada platform toko online yang Anda gunakan. Namun ukuran standar foto di halaman produk berkisar antara 640 X 640px sampai 800 X 800px.

contoh foto produk dropshipping 2

Foto kabur dan berukuran kecil mengundang kecurigaan konsumen. Dan konsumen yang curiga tidak membeli.

Size matters 🙂

3. Objek tunggal

Produk Anda mestilah satu-satunya tokoh utama dalam sebuah foto.

Sedapat mungkin konsumen hanya boleh melihat produk Anda.

Jika Anda menampilkan objek lain (lihat screenshot 1), berarti Anda sengaja mengalihkan perhatian pengunjung dari objek utama. Produk anda.

Selain itu, hindari menggunakan foto produk yang direkam dari berbagai sudut, lalu dijejalkan dalam satu bingkai. Contohnya seperti screenshot dibawah :

contoh foto produk dropship 3

Tentu saja masih ada kriteria lain untuk menilai kualitas foto produk.

Tapi jika supplier Anda mau memenuhi 3 kriteria diatas, maka angka penjualan Anda saat ini punya potensi melejit.

Baca lebih lanjut trik-trik memilih & menampilkan foto yang memicu orang membeli di e-guide terbaru saya : LARIS ( Panduan Lengkap Halaman Produk Yang Mengkonversi Pengunjung ke Pembeli)

Bagaimana jika foto supplier saat ini tidak memenuhi kriteria ?

Berhenti menunggu sampai supplier Anda menyadari sendiri hal ini.

Sebaiknya Anda proaktif, karena setiap hari yang berlalu adalah hari dimana Anda menyia-nyiakan traffic toko online Anda

Anda tinggal memilih salah satu dari 2 tindakan berikut :

  1. Telepon supplier. Yakinkan kalau Anda mampu menjual lebih banyak jika mereka menyediakan foto yang lebih bagus.
  1. Kirimkan link posting ini via email, twitter atau facebook kepada supplier Anda – Rekan sesama dropshipper juga akan berterimakasih jika Anda berbagi posting ini dengan mereka –> Click to Tweet

Idealnya suplier tidak punya alasan menolak permintaan Anda. Peningkaran penjualan Anda otomatis keuntungan bagi mereka.

Namun selalu terbuka kemungkinan supplier Anda menolak. Dan menghadapi situasi ini, pilihan yang terbaik adalah memutuskan kerjasama dengan mereka.

Kemudian segera ambil langkah berikutnya….

Luangkan waktu mencari supplier yang bisa menyediakan foto produk berkualitas

Jujur saja, sulit menemukan keberadaan mereka (selain populasinya cukup langka).

Saya melihat kecenderungan perusahaan drosphip yang bagus rata-rata tidak peduli SEO…. dan sebaliknya (Saya mungkin bias, jadi silahkan Anda membuktikannya sendiri).

Saya baru saja googling supplier yang bisa memasok pakaian dalam pria (sekaligus mengilhami penulisan posting ini). Setelah pencarian panjang, akhirnya saya menemukan suplier yang memenuhi kriteria setelah sampai dihalaman 32.

Membosankan.

Namun tak ada cara lain. Ini tahap yang tidak boleh dilewatkan demi menjamin masa depan bisnis dropshipping Anda. Meluangkan waktu 30 – 45 menit di Google akan membayar Anda berlipat ganda dimasa depan.

Pengunjung mendasarkan keputusan mereka membeli pada foto produk. Ingat itu

IKUTI KURSUS MINI (GRATIS) :
OPTIMASI HALAMAN PRODUK YANG MENGKONVERSI

Jika Anda pemilik toko Online yang frustasi karena sepi order.. atau jumlah pengunjung Anda banyak tapi sedikit (atau tidak satupun) yang akhirnya membeli...

Maka 7 materi kursus ini akan menunjukkan semua trik rahasia yang Anda butuhkan, untuk mengkonversi setiap pengunjung toko online Anda menjadi pembeli...

FYI : Semua materi kursus hanya bisa diterapkan pada toko online/website yang punya domain & sewa hosting sendiri. Kursus ini bukan untuk pengguna platform gratisan seperti blogger.com, facebook, instagram, bukalapak, tokopedia, dsb.

Dapatkan semua materi kursus Anda sekarang juga. Cukup daftarkan nama & email Anda pada form dibawah :

Cek email Anda untuk melihat materi kursus